Sebanyak 1.400 orang peserta akan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Bengkulu yang akan dilaksanakan pada 26 hingga 28 April 2021. 

"Untuk gelombang kedua ada sekitar 1.400 peserta yang dibagi menjadi empat sesi," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bengkulu Lizar Afansi, Selasa. 

Ia menambahkan bahwa sesi pertama dan kedua akan dilaksanakan pada Senin, sesi ketiga pada Selasa 27 April dan sesi terakhir pada Rabu pagi 28 April. 

Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN di Unib dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Seperti memeriksa suhu tubuh, peserta wajib menggunakan masker, membawa hand sanitizer, mencuci tangan dan menjaga jarak. 

Selain itu petugas yang berjaga juga harus menerapkan prokes yang baik serta pihak kampus juga menyiapkan tim kesehatan. 

Lanjut Lizar, untuk UTBK gelombang pertama telah dilaksanakan pada 12 hingga 18 April 2021 yang diikuti oleh 7.756 peserta. 

"Namun daya tampung Unib untuk mahasiswa baru jalur SBMPTN ada sekitar 2.327 mahasiswa," ujarnya. 

Untuk sesi pertama lalu, ada dua peserta yang dinyatakan gugur sebelum melakukan tes. 

Hal tersebut disebabkan karena dua peserta tersebut memiliki suhu tubuh tinggi yaitu sekitar 38-39 celcius yang disertai demam. 

"Sebab kami tidak ada ada relokasi waktu untuk melakukan tes ulang," kata Lizar.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021