Jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang menerima vaksin COVID-19 sejak beberapa hari terakhir bertambah empat sehingga total menjadi 1.394 orang.

“Ada penambahan sasaran vaksinasi COVID-19 dan penambahan orang yang menerima vaksin, ini masih tenaga kesehatan di daerah ini yang sebelumnya belum terdata di dinas ini,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko sebelumnya menerima sebanyak 2.620 vial Vaksin Sinovac untuk 1.300 tenaga kesehatan dan 10 pejabat pemerintah daerah setempat dan lembaga vertikal, kemudian jumlahnya bertambah sebanyak 1.390 orang, kini bertambah lagi sebanyak 1.394 orang.

Bustam Bustomo yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko ini memastikan sebanyak 1.394 orang tersebut merupakan tenaga kesehatan yang tersebar di 17 puskesmas, RSUD dan Dinas Kesehatan setempat.

Ia menyatakan, meskipun vaksinasi tahap satu untuk tenaga kesehatan di daerah telah selesai, namun kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan di daerah ini tetap berlanjut di tahap kedua ini.

Ia menyatakan penyuntikan vaksin COVID-19 tahap satu bagi tenaga kesehatan dan tahap kedua bagi petugas pelayanan publik di daerah akan tetap berlanjut sesuai dengan jumlah sasaran.

Meskipun nakes dan petugas pelayanan publik belum menerima vaksinasi dosis pertama dan kedua, katanya, mereka akan tetap menerima vaksinasi COVID-19 pada saat pelaksanaan vaksinasi tahap selanjutnya.

Ia menyatakan, semua vaksin tahap satu untuk tenaga kesehatan di daerah ini sudah habis digunakan, tidak ada vaksin COVID-19 yang tidak bisa lagi digunakan karena kedaluarsa.

“Kepada pihak terkait, termasuk masyarakat, sampai sekarang belum menerima vaksin COVID-19. Kami menyarankan agar bersabar menunggu selesai pemberian vaksin COVID-19 kepada tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik,” ujarnya.***3***
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021