Palembang (ANTARA) - Pedagang tanaman hias di Kota Palembang, Sumatera Selatan, mengaku meraup keuntungan lumayan pada Agustus 2013 atau menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah.  

Permintaan akan tanaman hias sekarang ini setiap hari rata-rata 40 batang, meningkat dibanding bulan sebelumnya paling banyak 20 batang, kata Azwin, pemilik kios tanaman hias di simpang BLK Kenten Sako Palembang, Senin.

Tingginya permintaan tanaman hias itu memberikan keuntungan bersih setiap harinya paling sedikit Rp80.000, katanya menjelaskan.

Menurut dia, tingginya permintaan akan tanaman hias akhir-akhir kemungkinan karena banyaknya warga yang menata pekarangan rumahnya agar terlihat lebih indah pada saat Lebaran.    

"Biasanya warga kota ini menghadapi Lebaran mempercantik halaman rumahnya dengan berbagai tanaman hias sehingga suasana hari besar keagamaan umar Islam itu semakin meriah dan nyaman," ujar dia.

Tanaman hias yang diminati di kiosnya antara lain bunga anggrek, sikas dan palem botol.

Tanaman hias itu dijual berkisar Rp25.000 hingga 160.000 per batang, tergantung bentuk dan ukurannya, kata Azwin.  

Selain di kawasan Kenten Sako, pedagang tanaman hias banyak dijumpai di jalan Demang Lebar Daun dan Jalan Soekarno Hatta jalur menuju Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Menurut salah seorang pedagang tanaman hias di Jalan Demang Lebar Daun, Hamdani, dalam sepekan terakhir pengunjung di kiosnya mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari sebelumnya.

Pengunjung tidak hanya membeli tanaman hias tetapi juga sekaligus membeli pot baik ukuran kecil maupun ukuran besar dan tanah pupuk.

Pot tanaman hias dijual berkisar Rp17.500 hingga Rp175.000 per buah dan tanah pupuk dijual Rp5.000 per karung, kata dia pula.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013