Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan akan meningkatkan sejumlah ruas jalan kabupaten yang masih tanah sepanjang 65 kilometer di daerah ini secara bertahap setiap tahun.

“Kita meningkatkan sejumlah ruas jalan kabupaten tersebut tetapi secara bertahap setiap tahun, sesuai dengan anggaran yang ada,” kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko Budiarto di Mukomuko, Senin.

Sebanyak 363 ruas jalan kabupaten dengan panjang 686,69 kilometer. Sebanyak 363 ruas jalan tersebut terdiri dari 246 ruas jalan aspal, 23 ruas jalan beton dan 352 ruas jalan koral.
Dari sepanjang 686,69 kilometer jalan kabupaten yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini, sepanjang 65 kilometer jalan kabupaten di antaranya yang masih berstatus tanah.

Ia mengatakan, pemerintah setempat secara bertahap tidak hanya meningkatkan jalan kabupaten yang masih tanah menjadi jalan koral, tetapi juga meningkatkan jalan yang masih koral menjadi jalan aspal hotmik dan lapen.

“Tergantung ada atau tidak anggarannya untuk pembangunannya. Kalau ada anggarannya kami bisa langsung meningkatkan kelas jalan yang masih tanah menjadi aspal, tetapi tetap melalui proses pengerasan dan pengoralan jalan terlebih dahulu,” ujarnya pula.

Ia mengatakan, instansinya membuat perencanaan pembangunan jalan di daerah ini secara bertahap, yakni peningkatan kelas jalan tanah menjadi jalan koral, setelah itu dari jalan yang sudah koral menjadi aspal.

Ia mengatakan, alokasi anggaran untuk peningkatan jalan kabupaten tersebut baik yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) maupun yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU).

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat tahun ini mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) sekitar Rp10 miliar untuk membangun dua ruas jalan hotmik di daerah ini.***3***

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021