Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meraih dua penghargaan dari dinas kesehatan provinsi setempat sebagai daerah terbaik dalam penanganan COVID-19 di daerah ini.

Kabupaten Mukomuko mendapatkan dua penghargaan terbaik dalam melakukan ‘tracing’ atau melacak riwayat kontak pasien COVID-19 dan ‘testing’ atau melakukan tes COVID-19 terhadap warga yang kontak dengan pasien COVID-19.

“Berkat kinerja petugas kesehatan, kita mendapatkan apresiasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu berupa penghargaan dalam melakukan penanganan COVID-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko Desriani dalam keterangan di Mukomuko, Jumat.

Kendati daerah ini mendapat penghargaan dalam penanganan COVID-19, katanya, namun semua itu tidak akan ada artinya tanpa adanya kesadaran masyarakat dan semua pihak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Pihaknya selalu mengajak masyarakat dan semua pihak di daerah ini agar menerapkan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Selain itu ia berharap, ada kesadaran masyarakat secara mandiri untuk bersedia divaksinasi karena semakin banyak warga setempat yang menjalani vaksinasim maka peluang penyebaran COVID-19 semakin kecil.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat dan berbagai pihak terkait di daerah ini agar tidak takut dengan vaksin COVID-19 dan menjadi orang pertama yang bersedia menjalani vaksinasi

“Kami pastikan vaksin COVID-19 ini aman, setiap orang baik tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik dan lansia yang telah menjalani vaksinasi COVID-19 di daerah ini tidak mengalami kendala,” ujarnya.

Sementara itu, ia menyebutkan, jumlah kasus positif COVID-19 sampai sekarang bertambah satu orang, sehingga jumlah totalnya naik menjadi 876 orang, termasuk tinggi dibandingkan beberapa kabupaten di provinsi setempat.

Kemudian jumlah total spesimen yang telah diperiksa di laboratorium di Bengkulu sebanyak 4.484 sampel, jumlah total spesimen yang dinyatakan positif COVID-19 ada 876 orang dan 24 orang di antaranya yang meninggal dunia.**

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021