Rejanglebong  (ANTARA Bengkulu) - Desa sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, terpilih sebagai desa percontohan nasional siaga bencana.

"Desa Sumber Urip terpilih sebagai desa percontohan siaga bencana tingkat nasional, selain itu SDN 06 Sumber Urip juga dijadikan percontohan nasional untuk sekolah siaga bencana," kata Kepala Markas Palang Merah Indonesia Rejanglebong  Andi Purwanto, di Rejanglebong, Minggu.

Terpilihnya desa dan SDN 06 Sumber Urip tersebut sebagai program percontohan untuk tingkat desa dan sekolah kata dia, sangat membanggakan daerah ini mengingat peresmiannya akan dilakukan oleh Plt Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah dan juga akan disaksikan langsung oleh Ketua umum PMI M Jusuf Kalla pada Selasa (27/2).

Pembentukan desa dan sekolah siaga bencana ini tambah dia, bertujuan memberikan contoh penanganan bencana baik untuk daerah maupun tingkatan sekolah lainnya.

Selain akan mendapat pengetahuan dan teknik penanganan bencana, desa dan sekolah ini juga akan mendapatkan bantuan peralatan untuk penanganan bencana.

Desa Sumber Urip berikut sekolah yang menjadi percontohan tingkat nasional itu sendiri berada persis di kaki Gunung Api Bukit Kaba, dimana di kawasan ini sebelumnya sudah dilakukan pelatihan penanganan bencana oleh PMI Rejanglebong dan PMI Bengkulu terutama untuk bencana alam gunung meletus yang bekerja sama dengan "German Red Cross" (GRC) atau Palang Merah Jerman. (KR-NMD)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012