Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, mengusulkan formasi tenaga guru dan kesehatan masing-masing sebanyak 35 orang, untuk memenuhi kekurangan tenaga guru dan kesehatan di daerah itu.

"Formasi tenaga guru itu sudah disetujui Bupati Bengkulu Selatan Rezkan Effendi, untuk diusulkan pada rencana penerimaan calon pegawai negeri sipil 2013," kata Sekda Kabupaten Bengkulu Selatan, Zainal Abidin, Senin.

Ia mengatakan, calon tenaga guru dan kesehatan itu rencananya akan ditempatkan di berbagai pelosok desa dan pinggiran kota yang mengalami kekurangan tenaga PNS tersebut.

"Tenaga kesehatan dan guru masih kurang, dua tahun terakhir ini jumlah yang masuk dan sudah pensiun cukup banyak," tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan tenaga guru yang dibutuhkan itu antara lain guru Bahasa Inggris, Pengetahuan Agama Islam (PAI), Bidang kesenian khusus dan tenaga inti kejuruan sangat dibutuhkan di daerah itu.

Sementara formasi lainnya seperti administrasi dan keuangan serta staf lainnya sudah menumpuk, sehingga tidak perlu ada penambahan lagi.

Meski sinyal kesempatan Pemkab Bengkulu Selatan untuk menyelenggarakan tes CPNS tahun 2013 mendatang belum begitu kuat terkait rasio tingginya belanja pegawai terhadap APBD.

Namun, bupati Bengkulu Selatan Rezkan Effendi tetap tetap optimis, bahwa tahun 2013 ada tes bagi CPNS di daerah itu, katanya.

 Kabag Humas Pemkab Bengkulu Selatan, Lisman Hawardi membenarkan, bahwa Pemkab Bengkulu Selatan sudah mempersiapkan untuk menerima PNS bila sudah ada formasi karena tenaga guru dan kesehatan di daerah ini masih kurang.

Bupati juga tetap mengupayakan para tenaga honorer kategori I tetap diangkat menjadi PNS, meskipun suah tidak berpeluang akibat kekurangan syarat belum lama ini.

Langkah yang diambil pemkab yakni melakukan pendekatan kepada BKN dan KemenPAN-RB, sedangkan hasilnya masih menuggu keluarnya PP baru tentang pengangkatan PNS dari jalur honorer, ujarnya.(T.Z005/I006)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012