Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak Januari hingga Juni 2021 telah membagikan sekitar 50.000 benih ikan dari Balai Benih Ikan (BBI) di Kecamatan Lubuk Pinang kepada sejumlah masyarakat petani yang baru dan akan mengembangkan usaha di bidang budi daya ikan air tawar.

“Bantuan sebanyak 50.000 benih ikan diberikan kepada masyarakat berdasarkan usulan pribadi. Mereka mengusulkan benih ikan karena baru mengembangkan usaha dan ada yang baru membuka usaha baru di bidang budi daya ikan air tawar,” kata Kabid Kabid Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Jumlah bantuan benih ikan dari BBI di Kecamatan Lubuk Pinang untuk masyarakat petani setempat termasuk kelompok pembudi daya ikan di daerah ini berkurang dibandingkan sebelumnya.

Pemerintah setempat periode bulan Januari hingga Juni tahun sebelumnya bisa membagikan sebanyak 100 ribu benih ikan kepada masyarakat petani dan kelompok pembudi daya ikan di daerah ini.

Jumlah bantuan benih ikan dari BBI di Kecamatan Lubuk Pinang untuk masyarakat petani setempat termasuk kelompok pembudi daya ikan di daerah ini berkurang karena pemerintah daerah setempat tahun 2020 mulai menarik retribusi dari hasil penjualan produksi usaha daerah di sektor perikanan budi daya.

“Meskipun ada target pendapatan asli daerah dari retribusi penjualan produksi usaha daerah di sektor perikanan budi daya, namun kita masih bisa membantu masyarakat petani yang membutuhkan,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2021menargetkan pendapatan asli daerah dari retribusi penjualan produksi usaha daerah di sektor perikanan budi daya sebesar Rp35 juta.

Target pendapatan asli daerah dari retribusi penjualan produksi usaha daerah di sektor perikanan budi daya yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp10 juta.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021