Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan akan membeli sebanyak 3.200 benih ikan gurami dari  Sejahtera Mandiri Desa Bumi Mulya, BUMDes, salah satu kelompok pembudi daya ikan (Pokdakan) di daerah ini.


“Di sini saja belinya, karena ada kelompok pembudi daya ikan di daerah kita ini yang membudidayakan ikan gurami,” kata Kabid Budi Daya Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Azbas Novyan, dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, saat ini instansinya sedang melakukan survey harga ikan gurami untuk BUMDes di daerah ini dan kemungkinan pembelian ikan gurami tersebut pada bulan Agustus tahun ini.

Ia menyebutkan, Dinas Perikanan setempat hanya mendapat dana sebesar Rp16 juta yang bersumber dari APBD 2021 untuk membeli sekitar 3.200 benih ikan untuk satu BUMDes di sana.

Ia mengatakan, instansinya memberikan bantuan benih ikan gurami kepada BUMDes bukan kepada kelompok pembudi daya ikan karena belum ada lembaga yang bergerak di sektor budi daya perikanan ikan air tawar di sana.

Ia mengatakan, BUMDes yang menjadi calon penerima ribuan benih ikan gurami ini harus menyediakan sarana dan prasarana seperti kolam ikan untuk menampung ikan gurami ini.

Ia berharap, bantuan benih ikan untuk BUMDes di sana dapat berkembang dan bisa menjadi usaha utama, selain itu dapat menambah pendapatan asli di desa tersebut.

Selanjutnya, ia menyarankan kepada masyarakat petani yang mengusulkan bantuan benih ikan atau sarana budi daya ikan air tawar agar membuat kelembagaan sebagai dasar menerima bantuan dari pemerintah.***1***
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021