Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan jumlah kasus positif COVID-19 saat ini kembali bertambah 10 orang sehingga totalnya menjadi 2.172 orang.

“Hari ini ada lagi penambahan sebanyak 10 orang positif COVID-19 yang tersebar di lima kecamatan daerah ini," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Bustam Bustomo, yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, mengatakan, dari 10 pasien COVID-19 tersebut, lima kasus di antaranya dari Kecamatan Air Rami, dua kasus dari Kecamatan Ipuh.

Kemudian satu kasus COVID-19 dari Kecamatan Penarik, satu kasus dari Kecamatan Lubuk Pinang, dan satu kasus Kecamatan Malin Deman.

Dari sebanyak 10 kasus positif COVID-19 di daerah ini, sebanyak empat kasus mengalami gejala ringan, sebanyak empat kasus mengalami berbagai gejala seperti flu, batuk, demam, anosmia, dan dua kasus tanpa gejala.

Sedangkan riwayat kontak sebanyak 10 pasien COVID-19, sebanyak enam orang di antaranya kontak erat dengan pasien COVID-19 dan empat orang suspek COVID-19.

Dari sebanyak 10 pasien COVID-19 tersebut, sembilan pasien di antaranya menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dan rumah sakit Raflesia guna mencegah penyebaran COVID-19.

Tenaga kesehatan, baik dari Dinas Kesehatan maupun puskesmas yang tersebar di dua kecamatan asal pasien akan terus melakukan penelusuran riwayat kontak 10 warga setempat yang telah dinyatakan positif COVID-19 tersebut.

Ia menyebutkan, saat ini masih ada 76 pasien COVID-19 di daerah ini yang menjalani isolasi mandiri di rumah maupun dirawat inap di RSUD guna mencegah penyebaran virus corona.

Sebanyak 41 pasien COVID-19 yang masih aktif atau menjalani isolasi mandiri dan dirawat di RSUD dari 2.172 kasus positif COVID-19 di daerah ini.

Jumlah pasien COVID-19 di daerah ini yang belum sembuh atau masih dinyatakan terjangkit COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri, baik di rumah masing-masing maupun RSUD, berkurang dibandingkan dengan sebelumnya yang berjumlah 45 pasien.

Hingga kini jumlah total spesimen yang telah diperiksa sebanyak 7.818 sampel, jumlah total spesimen yang dinyatakan positif COVID-19 2.172 orang dan 72 orang di antaranya yang meninggal dunia.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021