Bengkulu (Antara Bengkulu) - Panitia Pengawas Pemilu Kota Bengkulu memperketat pengawasan terhadap daftar pemilih tetap Pemilu Legislatif 2014 di daerah itu.

"Sebelum DPT memasuki tahap final yang rencananya akan diplenokan oleh KPU Kota Bengkulu pada tanggal 11 Oktober 2013, kita kembali menyisir daerah-daerah yang rawan pemilih ganda," kata Ketua Panwaslu Kota Bengkulu Sugiharto di Bengkulu, Jumat.

Walaupun belum menemukan adanya pemilih ganda setelah diumumkannya DPT Kota Bengkulu oleh KPU setempat pada tanggal 13 September 2013, dia mengatakan pihaknya terus berupaya menelusuri nama-nama pemilih yang sama dalam DPT.

"Kita masih punya waktu untuk menelusuri DPT agar nanti diperbaiki KPU. Seperti, ada nama yang sama, kita 'cross check' langsung ke lapangan apa benar pemilih ganda atau tidak," kata dia.  

Dia mengatakan, terdapat beberapa daerah di Kota Bengkulu yang rawan pemilih ganda seperti yang ditemukan pada saat perbaikan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP).

"Seperti beberapa daerah di Kecamatan Muara Bangkahulu yang pernah kita temukan pemilih ganda pada masa perbaikan DPSHP, di sana kembali kita cek lagi, dan kemarin ada temuan nama yang sama namun setelah kita cek ternyata bukan pemilih ganda tetapi dua orang bernama sama," kata dia.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Bengkulu Darlinsyah mengatakan daftar pemilih di daerah itu berjumlah sebanyak 249.827 pemilih yang tersebar di sembilan kecamatan.

"Jumlah daftar pemilih itu terbagi dalam empat daerah pemilihan," kata dia.

Daftar pemilih untuk Pemilu Legislatif 2014 Kota Bengkulu itu, kata dia, terdiri atas 124.964 pemilih laki-laki dan 124.863 pemilih perempuan.

Sedangkan, tempat pemungutan suara untuk 67 kelurahan di daerah itu menurut dia, berjumlah menjadi 677 TPS.

"Jumlah yang ditetapkan ini bertambah dua TPS dari yang ditetapkan KPU pusat waktu DPS yang lalu yaitu sebanyak 675 TPS," ujar dia.(ant)

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013