Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong menyebutkan dua desa wisata di daerah itu berhasil masuk 10 besar lomba desa wisata 2021 tingkat Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Upik Zumratul Aini di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan dua desa wisata yang masuk dalam 10 besar lomba desa wisata 2021 yang digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu tersebut ialah Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang dan Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi.

"Alhamdulilah dua desa di Kabupaten Rejang Lebong bisa masuk 10 besar lomba desa wisata tahun 2021 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu," kata dia.

Dia menjelaskan, dua desa wisata yang masuk dalam 10 besar lomba tingkat Provinsi Bengkulu ini memiliki berbagai keunggulan tersendiri dan telah menjadi daya tarik orang untuk mengunjunginya.

"Kalau Desa Sumber Urip memiliki wisata unggulan Bukit Kaba dan ada juga pemandian air panas di kaki Bukit Kaba. Sedangkan untuk Desa Belitar Seberang juga memiliki keunggulan berupa Air Terjun Tri Sakti yang memiliki ketinggian lebih dari 80 meter," terangnya.

Sebelumnya dua desa wisata di Rejang Lebong ini, kata dia, masuk dalam 300 nominator Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021, bersama dengan tiga desa wisata lainnya di Provinsi Bengkulu.

Kemudian satu desa yakni Desa Belitar Seberang bersama dengan Desa Batu Ampar, Kabupaten Kepahiang berhasil masuk 100 besar, kendati kemudian gagal untuk melaju ke 50 besar.

Dijelaskan Upik, sejauh ini desa wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sudah terbentuk 21 desa, dan pada 2022 mendatang juga akan dibentuk dua desa wisata baru yakni Desa Dusun Sawah di Kecamatan Curup Utara dan Desa Cawang Lama, Kecamatan Selupu Rejang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021