Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan penghargaan kepada tiga desa dengan cakupan vaksinasi tertinggi di daerah ini.
 
"Tiga desa dengan cakupan vaksinasi tertinggi yakni Desa Talang Arah sebesar 79,74 persen, Desa Pondok Lunang 70,01 persen, dan Kelurahan Bandar Ratu 70,00 persen," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, pemberian penghargaan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah setempat kepada satgas COVID-19 tingkat di desa ini yang telah bekerja keras sehingga wilayahnya menjadi desa dengan vaksinasi tertinggi.
 
Selain itu, ia mengatakan,  pemberian penghargaan kepada desa dengan vaksinasi tertinggi ini untuk memancing desa-desa lain di daerah ini untuk meningkatkan cakupan vaksinasi.
 
"Kami terus mendorong Satgas COVID-19 tingkat desa dan kecamatan untuk bersama-sama dengan satgas kabupaten meningkatkan cakupan vaksinasi di daerah ini hingga mencapai target minimal sebesar 70 persen," ujarnya pula.

Selain itu, ia mengatakan, pihaknya meminta petugas kesehatan dinas dan puskesmas agar memberikan pelayanan vaksinasi keliling ke desa dan kelurahan yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.
 
Kemudian katanya, pihaknya juga telah meminta kepada semua camat di daerah ini agar membantu satgas di wilayahnya melakukan mobilisasi masyarakat di desa-desa dan kelurahan.
 
Ia mengatakan, mobilisasi masyarakat setempat dengan cara mengumpulkan mereka di aula kantor desa atau kecamatan lalu petugas vaksinator yang akan datang ke lokasi untuk memberikan vaksin.
 
Selain itu, katanya, petugas kesehatan Puskesmas selalu memberikan pelayanan vaksinasi saat acara gebyar dan peringatan hari besar nasional di desa dan kecamatan di daerah ini.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021