TVRI Bengkulu akan melakukan perbaikan dan peningkatan daya jangkauan pemancar siaran digital jelang penghentian siaran televisi analog (analog switch off) atau ASO tahap pertama pada 30 April 2022..

Direktur Program dan Berita Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Pipit Irianto di Bengkulu, Jumat menyebutkan bahwa hal tersebut dilakukan guna menyongsong analog switch off tersebut dan menyiapkan hal-hal lainnya.

"Seperti menyiapkan seluruh perangkat, baik itu perangkat teknik maupun rancangan program siaran digital dan itu sudah jauh hari sudah disiapkan oleh TVRI," kata Pipit.
 
Perbaikan daya jangkauan pemancar siaran dilakukan sebab daya jangkauan pemancar digital di sejumlah daerah seperti di Provinsi Bengkulu rendah.
 
Seperti kondisi kanal digital TVRI Bengkulu yang memiliki daya pancar 5 KW di kota Bengkulu serta kanal digital 2 KW di kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko.
 
Sehingga harus segera diatasi oleh manajemen TVRI pusat dan manajemen TVRI stasiun Bengkulu sebab tanpa kualitas gambar yang prima, sebaik dan semenarik apapun acara yang di kemas pasti akan menjadi persoalan besar bagi para pemirsa.
 
Ia juga meminta kepada Kepala Stasiun TVRI Bengkulu agar perangkat studio yang ada saat ini perlu ditingkatkan, dilengkapi dan di upgrade dengan yang baru.
 
Sebab perangkat teknik yang lengkap serta canggih dapat membantu menghasilkan karya produksi yang lebih prima sebagai penunjang terselenggara nya siaran digital.
 
Sementara itu, Kepala Stasiun TVRI Bengkulu, Rika Damayanti mengatakan bahwa pihaknya akan secara masif mensosialisasikan pada masyarakat terkait rencana tersebut sehingga masyarakat nantinya tidak kaget melihat televisi mereka tidak lagi mendapatkan siaran analog dan paham menggunakan Set Top Box (STB).
 
Diketahui, berdasarkan data Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo, saat ini ada di 56 wilayah layanan siaran digital yang mencakup 166 kabupaten dan kota sebagai lokasi implementasi tahap pertama peralihan dari analog ke digital.
 
Selain itu, Pemerintah juga telah menyediakan bantuan Set Top Box (STB) digital gratis bagi Rumah Tangga miskin.
 
Sebelumnya, TVRI pusat saat ini sudah memiliki 4 kanal yaitu kanal TVRI Nasional, kanal TVRI DKI Jakarta, kanal TVRI World dan kanal TVRI Sport yang saat ini telah dapat dinikmati oleh masyarakat.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022