Rejanglebong (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, menyebutkan perolehan suara calon anggota legislatif (Caleg) yang meninggal dunia akan dikembalikan ke partai pengusung.

"Dari 337 caleg anggota DPRD Rejanglebong yang akan bertarung pada Pemilu legislatif tanggal 9 april 2014 mendatang, terdapat satu caleg dari PAN atas nama Edi Yansah yang meninggaldunia tanggal 9 Februari 2014 lalu, dimana namanya sudah tercetak didalam kertas suara Pemilu 2014," kata anggota KPU Kabupaten Rejanglebong dari devisi sosialisasi dan informasi Pemilu, Mansurudin, di Rejanglebong, Sabtu.

Untuk itu, pihaknya sudah mengumumkan yang bersangkutan sudah meninggal dunia di daerah pemilihannya. Jika masih ada pemilih yang memilihnya maka suaranya tetap sah dan akan dikembalikan ke partai PAN.

Almarhum Edi Yansyah ini kata dia, merupakan bagian dari 337 caleg yang telah ditetapkan sebagai daftar calon tetap (DCT) sesuai dengan SK KPU Kabupaten Rejanglebong, No.76/KPTS/KPU-Kab-007.434320/2013, tertanggal 22 Agustus 2013, tentang penetapan DCT anggota DPRD Rejanglebong Pemilu 2014. Almarhum berasal dari partai PAN dengan nomor urut enam dari wilayah pemilihan empat meliputi Kecamatan Selupu Rejang, Sindang Kelingi dan Kecamatan Sindang Dataran.

Untuk itu pihaknya tambah dia, sudah menyebarkan pengumuman ke sejumlah wilayah yang menjadi dapil almarhum sehingga nantinya para masyarakat pemilih di masing-masing wilayah mengetahui jika caleg tersebut sudah meninggaldunia.

Sebelumnya jumlah caleg yang diusung 12 Parpol di daerah itu untuk Pemilu 2014 dalam daftar calon sementara (DCS) tercatat sebanyak 338 orang, kemudian berkurang menjadi 337 orang setelah caleg dari PBB atas nama Bustam Arobi mengundurkan diri sebelum ditetapkan menjadi DCT Pemilu 2014, dengan dengan alasan kondisi kesehatan yang tidak mendukung.

Ke 336 DCT utusan 12 Parpol di daerah itu nantinya akan bertarung di empat dapil guna memperebutkan 30 kursi dewan setempat, dengan pembagian kursi dapil satu akan memperebutkan sembilan kursi, kemudian dapil dua sebanyak delapan kursi, dapil tiga tujuh kursi dan dapil empat memperebutkan enam kursi. (Antara)

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014