Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, setiap tahun rutin melakukan penyaringan untuk mendeteksi dini penderita baru penyakit HIV/AIDS di daerah ini.
 
"Terkait dengan HIV/AIDS, setiap tahun rutin kita deteksi kasus baru penyakit ini," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Mukomuko, Jajad Sudrajat, di Mukomuko, Senin.
 
Dinas Kesehatan setempat tahun ini kembali mendapatkan bantuan alat tes cepat (rapid test) untuk melakukan deteksi dini penderita baru penyakit HIV/AIDS di daerah ini.
 
Ia mengatakan, instansinya melibatkan seluruh petugas kesehatan yang tersebar di 17 puskesmas di daerah ini untuk melakukan deteksi dini penderita baru penyakit HIV/AIDS.
 
Selanjutnya, katanya, alat rapid test khusus penyakit HIV/AIDS dari pemerintah provinsi setempat ini akan didistribusikan kepada 17 puskesmas yang tersebar di 15 Kecamatan di daerah ini.
 
Ia menyatakan, petugas kesehatan di puskesmas akan melakukan deteksi dini penyakit ini di wilayah yang rawan tertular penyakit ini seperti di salah satu lokasi di Kecamatan Penarik.
 
"Beberapa orang yang berada di lokasi khusus di wilayah itu akan diperiksa darahnya akan diambil oleh petugas kesehatan untuk memastikan warga di wilayah tersebut positif atau negatif tertular penyakit HIV/AIDS," ujarnya pula.
 
Sementara itu, ia menyebutkan, sebelumnya tercatat sebanyak 33 orang warga setempat yang terjangkit penyakit HIV/AIDS yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini. Dari jumlah itu, sebanyak 13 kasus di antaranya yang termonitor, enam kasus tidak termonitor dan sisanya meninggal dunia.
 
"Sebanyak 33 kasus HIV/AIDS tersebut merupakan kasus lama, namun dari sebanyak puluhan kasus tersebut yang tersisa hanya sebanyak 13 kasus," ujarnya.




 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022