Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Polda Bengkulu menyatakan hingga hari kedua Lebaran 1443 Hijriah belum menerima laporan adanya kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah ini.

"Alhamdulillah mulai malam Lebaran kemarin hingga hari ini kami belum menerima laporannya kejadian lakalantas, dan kami harapkan hingga arus balik Lebaran nanti berakhir tidak ada kejadian," kata Kasat Lantas Polres Rejang Lebong AKP Radian Andi Pratomo, di Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan, belum adanya laporan kejadian kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah itu saat malam takbiran hingga sehari setelah Lebaran ini, menunjukkan hal yang positif dan menandakan mulai tingginya kesadaran masyarakat untuk mematuhi tertib berlalu lintas.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di daerah itu, pihaknya sudah mendirikan pos pelayanan di sejumlah lokasi rawan kecelakaan dan kemacetan lalu lintas yang berada di beberapa kawasan wisata terutama di sepanjang jalan lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel.

"Kendaraan pengunjung wisata dilarang parkir di bahu jalan lintas, karena berpotensi menimbulkan kemacetan serta kecelakaan lalu lintas. Di tempat-tempat wisata ini ada petugas kami yang melakukan penjagaan dan mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan," katanya pula.

Beberapa lokasi wisata yang menjadi perhatian pihaknya ini ialah kawasan wisata Danau Mas Harun Bastari (DMHB) di Kecamatan Selupu Rejang, kemudian Pemandian Suban Air Panas dan Tebing Suban di Kecamatan Curup Timur.

"Pada hari kedua Lebaran hari ini arus kendaraan yang masuk dan keluar Kabupaten Rejang Lebong masih lancar walaupun padat merayap. Diperkirakan setelah Lebaran ini pengunjung yang datang ke tempat-tempat wisata di Rejang Lebong akan meningkat, sehingga harus diantisipasi agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas," kata dia.

Sebelumnya, Polres Rejang Lebong mendirikan enam pos Lebaran di wilayah itu, di antaranya untuk pos pelayanan (posyan) di kawasan Pasar Bang Mego Curup, posyan di objek wisata Pemandian Suban Air Panas dan Tebing Suban serta di kawasan wisata DMHB.

Sedangkan untuk pos pengamanan (pospam) didirikan di Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel, yakni di perbatasan di Desa Tanjung Sanai, Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), kemudian Pospam Kontainer di Desa Taba Padang Kecamatan Binduriang dan Pospam Desa Pelalo, Kecamatan Sindang Kelingi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022