Bengkulu (Antara) - Ketua Penyelenggara Ujian Nasional Provinsi Bengkulu Wahyu Darma Priatna mengatakan bahwa soal ujian sudah tiba di Bengkulu dan dijaga ketat anggota polisi hingga pendistribusian ke kabupaten dan kota pada 12 April 2014.

"Saat ini soal ujian disimpan di gudang Diknas, akan didistribusikan ke kabupaten dan kota pada 12 April," katanya di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan soal-soal ujian untuk pelajar SMA sederajat di Provinsi Bengkulu dicetak di Gresik Jawa Timur.

Selain soal untuk Provinsi Bengkulu, soal untuk pelajar SMA provinsi lainnya yang masuk dalam Rayon II yakni Lampung, Sumatra Selatan dan Kepulauan Riau juga dicetak di Gresik.

"Pengiriman soal dari Gresik menuju Bengkulu juga dikawal polisi, jadi keamanan soal ini terjamin," katanya.

Pendistribusian soal UN untuk 10 kota dan kabupaten akan digelar pada "H-2" pelaksanaan UN yang akan digelar pada 14 April 2014.

Jumlah soal UN untuk Bengkulu tambah dia disesuaikan dengan jumlah peserta yang ada di daerah ini.

Peserta UN untuk tingkat SMA dan MA sebanyak 15.238 orang dan pelajar SMK sebanyak 7.030 orang.

Sementara untuk pendistribusian soal UN untuk pelajar di Pulau Enggano menjadi prioritas, sebab penyalurannya bergantung pada jadwal kapal yang berangkat ke pulau terluar itu.

"Hanya ada dua kapal yang melayani pelayaran ke Pulau Enggano yakni kapal perintis dan feri, jadi pengiriman soal disesuaikan dengan rute kapal," katanya.

Ia mengatakan ada 19 orang pelajar SMA Negeri 1 Pulau Enggano yang mengikuti UN pada 14 April 2013.

Soal yang didistribusikan ke pulau terluar itu juga langsung disimpan di Kantor Polsek Pulau Enggano sebelum didistribusikan ke sekolah penyelenggara UN.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014