Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Sapuan mendatangi pabrik minyak kelapa sawit di wilayah itu  mempertanyakan penyebab penurunan harga sawit yang sudah berlangsung  dalam dua minggu terakhir.
 
Bupati bersama dengan sejumlah pejabat instansi terkait dan Forkopimda setempat pada Selasa, mendatangi pabrik minyak kelapa sawit PT Karya Sawitindo Mas (KSM).
 
Kedatangannya ke pabrik untuk mengetahui penyebab harga sawit di daerah ini mengalami penurunan, untuk selanjutnya dilaporkan kepada pemerintah pusat.
 
"Kita ingin keterbukaan manajemen untuk menjelaskan penyebab harga sawit di daerah ini selama dua mnggu terakhir mengalami penurunan," ujarnya.
 
Selain itu, juga untuk membantu perusahaan menjelaskan penyebab harga sawit di tingkat pabrik turun kepada masyarakat di daerah ini.
 
"Masalahnya sekarang ini persediaan barang menumpuk sedangkan perusahaan yang rutin membeli CPO sawit dari daerah ini masih "slow," ujarnya.
 
Dari hasil pertemuan dengan manajemen perusahaan ini akan disampaikan kepada pemerintah provinsi dan pusat terkait kendala yang dihadapi oleh pabrik.
 
Kendati demikian, pihaknya berusaha agar petani di daerah ini tidak resah akibat penurunan harga tandan buah segar kelapa sawit.
 
Asisten Kepala PT Karya Sawitindo Mas Robert mengatakan pihaknya sampai sekarang belum bisa menjual harga minyak mentah (CPO) sehingga target perusahaan tidak bisa tercapai.
 
"Permasalahannya kurangnya permintaan CPO kelapa sawit dari perusahaan penampung CPO di wilayah Provinsi Sumatera Barat," ujarnya.
 
Meskipun kurangnya permintaan CPO dari perusahaan yang ada di Provinsi Sumatera Barat, namun pabrik minyak kelapa sawit ll tetap menyerap tandan buah segar kelapa sawit milik petani di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022