Tentara Nasional Indonesia (TNI)  melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113  menargetkan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan gorong-gorong di Desa Sidodadi Kabupaten Mukomuko selesai pada  Juni 2022.
 
"Kegiatan TMMD baik fisik pembangunan infrastruktur maupun nonfisik berupa penyuluhan kamtibmas, hukum, dan kesehatan ditargetkan selama 34 hari sehingga selesai pada Juni mendatang," kata Komandan Kodim 0428/Mukomuko, Letkol Czi Rinaldo Rusdy, dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.
 
Ia mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 150 personel gabungan TNI-Polri untuk melaksanakan kegiatan TMMD ke-113 di daerah ini.
 
Kegiatan TMMD ke-113 selain melakukan pembangunan fisik, termasuk kegiatan nonfisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum.
 
Kegiatan pembangunan fisik berupa pembukaan jalan sepanjang empat kilometer dan lebar delapan meter, pembangunan satu jembatan, dan empat unit gorong-gorong di Desa Sidodadi, Kecamatan Sungai Rumbai.
 
Kemudian, kegiatan nonfisik berupa penyuluhan kamtibmas, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan kerukunan antar umat beragama, penyuluhan stunting, pemutaran film perjuangan, pelayanan posyandu, sosialisasi pos binaan terpadu Penyakit Tidak Menular, pelayanan KB kesehatan gratis, dan vaksinasi COVID-19.
 
Ia mengatakan, kegiatan TMMD sebagai wujud sinergitas membangun negara bersama membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perwujudan Nawacita Presiden RI yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah pedesaan dengan sasaran meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus memantapkan wawasan berbangsa dan bernegara.
 
Sementara itu, Bupati Mukomuko Sapuan mengatakan kegiatan TMMD yang dilaksanakan berupa Kegiatan fisik berupa pembukaan jalan, jembatan, dan gorong-gorong, termasuk kegiatan nonfisik,  sangat membantu pemerintah daerah untuk membuka keterisoliran dan pengetahuan lebih luas bagi masyarakat.
 
Ia berharap, kegiatan ini dapat terus berkesinambungan pada tahun yang akan datang dan pemerintah daerah akan terus mendukung kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022