Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pemberian vaksin untuk mencegah 1.300 ekor sapi di daerah ini terserang penyakit jembrana selesai dalam bulan Mei 2022.

Dalam bulan ini harus selesai. kita sudah memberitahukan kepada seluruh petugas pusat kesehatan hewan agar gerak cepat memberikan vaksin jembrana pada 1.300 sapi milik masyarakat di daerah ini, kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Fitriani Ilyas, dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.
 
Kabupaten Mukomuko sejak beberapa hari yang lalu mendapat sebanyak 1.300 dosis vaksin untuk mencegah virus jembrana pada sapi dari pemerintah provinsi setempat.

Dinas Pertanian setempat sebelumnya menerima bantuan sebanyak 2.500 dosis vaksin, kemudian daerah ini dapat tambahan 1.000 dosis vaksin, kini dapat tambahan lagi 1.300 vaksin.
 
Kegiatan vaksinasi untuk mencegah penyakit jembrana pada sebanyak 3.500 ekor sapi milik warga yang tersebar di daerah itu telah selesai 100 persen.
 
Ia mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan mengumpulkan petugas peternakan dan kesehatan hewan di tiga pusat kesehatan hewan yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.
 
Ada 28 orang petugas peternakan dan kesehatan hewan yang ditugaskan untuk memberikan vaksin untuk mencegah sebanyak 1.300 sapi di daerah ini terserang penyakit jembrana
 
"Puluhan orang petugas gabungan ini dari bidang peternakan dan kesehatan hewan Dinas Pertanian dan tiga pusat kesehatan hewan," ujarnya pula.
 
Sementara itu, ia menyebutkan, ada sebanyak 135 ekor sapi milik warga setempat yang terinfeksi jembrana berdasarkan hasil identifikasi petugas peternakan dan kesehatan hewan daerah ini.

Namun dari 135 ekor sapi yang terinfeksi jembrana tersebut, ia memastikan, tidak semua sapi tersebut yang mati, namun petugas belum mendata berapa banyak sapi yang terinfeksi jembrana yang mati.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022