Rejanglebong (Antara) - Satu pelajar SMA Luar Biasa Curup, Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, pada pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun ini hanya bisa mengikuti ujian sekolah (US) yang dilaksanakan di daerah itu.

"Untuk tahun ini tidak ada siswa yang mengikuti UN tingkat SMA, melainkan hanya mengikuti ujian sekolah dan pesertanya cuma ada satu orang. Tahun ini yang menigkuti US sebanyak delapan siswa yakni satu orang berasal dari SMALB, tiga siswa lainnya berasal dari SMPLB dan empat siswa lagi berasal dari SDLB," kata kepala sekolah SLB Negeri Curup, Raden Sunardi di Rejanglebong, Rabu.

Para peserta US di sekolah itu seluruhnya berasal dari kelas-C atau tuna grahita yakni orang berkebutuhan khusus terkait mental, berbeda dengan tahun ajaran 2011/2012 lalu kata dia, untuk UN diikuti oleh seorang siswa tingkat SD, dan dua siswa SMPLB lainnya hanya mengikuti ujian sekolah, sedangkan untuk SMA tidak ada.   

Pelaksanaan US untuk pelajar SMALB itu sendiri tambah dia, pelaksanaannya bersamaan dengan UN tingkat SMA/MA/SMK yakni mulai 14-16 April 2014, dengan soal ujian di buat oleh pihak Diknas Provinsi Bengkulu.

Pada pelaksanaan ujian sekolah tingkat SMALB yang sudah dilaksanakan kali ini dan selanjutnya akan lanjutkan pada tingkatan SMPLB pada Mei mendatang, pihaknya sendiri sudah berupaya memberikan materi pelajaran tambahan dan biasanya soal ujian kalangan ini pembuatannya telah disesuaikan dengan kemampuan siswa SLB.   

Sejauh ini perkembangan SLBN Curup saat ini kata dia, memiliki tenaga pengajar sebanyak 30 orang yang terdiri dari 20 orang berstatus PNS dan 10 orang tenaga honorer, dengan jumlah siswa sebanyak 116 orang yang berasal dari 15 kecamatan di Rejanglebong. Para siswa sekolah ini terdiri dari tingkatan SMALB sebanyak tiga siswa, tingkat SMPLB sebanyak 11 siswa dan SDLB sebanyak 102 siswa.

Kalangan siswa ini umumnya penyandang disabilitas yang berasal penderita tuna netra yang tergabung dalam kelas-A, kemudian kelas-B untuk penderita bisu/tuli atau tuna rungu dan kelas-C yang berasal dari penyandang tuna grahita.***3***

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014