Rejanglebong (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, akan melakukan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu Legislatif di daerah itu, pada Sabtu (19/4).

"Sesuai dengan jadwalnya pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu Legislatif 2014 akan dilaksanakan Sabtu besok (19/4), karena rapat pleno tingkat PPK dalam 15 kecamatan di Rejanglebong sudah selesai dilaksanakan," kata koordinator divisi logistik KPU Rejanglebong, Restu S Wibowo, di Rejanglebong, saat dihubungi Jumat.

Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara parpol dan caleg di daerah tersebut kata dia, sudah selesai dilaksanakan pada di tingkatan PPK, dimana dari 15 PPK di daerah itu PPK yang terakhir kali menyelesaikan rekapitulasi suara berasal Kecamatan Sindang Kelingi selain itu proses rekapitulasinya terpaksa dipindahkan dari kecamatan ke kantor KPU Rejanglebong guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak di ingini.

"Proses rekapitulasi suara Kecamatan Sindang Kelingi sudah tertunda beberapa hari karena banyaknya protes dari caleg maupun tim suksesnya, selain itu proses rekapitulasi ini tidak memungkinkan lagi dilanjutkan di Kecamatan Sindang Kelingi karena faktor keamanan dan menghindari terjadinya hal-hal yang tidak di ingini sehingga dilakukan di kantor KPU Rejanglebong," ujarnya.   

Sesuai dengan tahapan Pemilu Legislatif 2014 pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat KPU itu sendiri tambah dia, terhitung 19-21 April selanjutnya pengumuman rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota, 20-22 April. Kemudian pada 20-22 April tahapan penyampaian hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten/kota kepada KPU provinsi, seterusnya rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara oleh KPU 22-24 April 2014.

Pelaksanaan pleno rekapitulasi KPU daerah itu kata dia, akan dilaksanakan di kantor KPU Rejanglebong yang terletak di jalan Basuki Rahmat No. 19, Kelurahan Dwi Tunggal, Kecamatan Curup, dengan penjagaan puluhan petugas keamanan dari Polres Rejanglebong dan Kodim TNI 0409 Rejanglebong.

Sebelumnya pada pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April 2014 lalu, sebanyak 336 caleg DPRD di daerah itu utusan dari 12 Parpol bertarung di empat Dapil guna memperebutkan 30 kursi dewan dari jumlah pemilih yang terdaftar di DPT sebanyak 195.729 jiwa ditambah daftar pemilih khusus (DPK) sebanyak 1.083 jiwa.***1*** 

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014