Sebanyak 301 siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Bukit Kaba Polda Bengkulu saat ini tengah mengikuti latihan kerja atau Latja tersebar dalam lima polres yang ada di wilayah itu.

Kepala SPN Bukit Kaba Polda Bengkulu Kombes Pol Asrial Kurniansyah di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan program Latja ini merupakan tahap terakhir dalam pendidikan sebelumnya mereka dilantik menjadi bintara polisi.

"Pelaksanaan Latja ini diikuti 301 siswa yang dilaksanakan selama 1 bulan terhitung 2 Juni sampai dengan 2 Juli mendatang. Dimana Latja ini merupakan tahapan terakhir sebelumnya mereka dilantik sebagai polisi," kata dia.

Dia menjelaskan, program Latja tersebut dilaksanakan di lima polres yang ada di sekitar wilayah SPN Bukit Kaba yang berada di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong ini diantaranya Polres Rejang Lebong, Kepahiang, Polresta Bengkulu dan lainnya.

Program ini, kata dia, bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada calon anggota Polri ini tentang kondisi di lapangan, sehingga nantinya mereka mengimplementasikan teori yang diterima selama menempuh pendidikan di SPN.

"Karena memang 70 persen di lapangan wajib mereka ketahui, ini dilakukan sebelum benar-benar mereka diterjunkan ke lapangan. Setelah mengikuti Latja ini mereka akan mengikuti pelantikan yang akan dilaksanakan 7 Juli 2022 nanti," terangnya.

Sementara itu, pelaksanaan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) SPN Bukit Kaba Polda Bengkulu pada tahun ini diikuti sebanyak 301 siswa yang berasal dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

Sebelumnya pada Diktukba 2021 SPN Bukit Kaba pelaksanaannya selain diikuti siswa dari Provinsi Bengkulu juga terdapat 184 siswa yang berasal dari Provinsi Papua dan Papua Barat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022