Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Bengkulu selama sepekan menggelar kegiatan vaksinasi berhadiah gula pasir di Kabupaten Rejang Lebong mulai 3 hingga 10 Juni 2022.

Kepala Korwil III BIN Daerah Bengkulu Kombes Pol Edi Bastari di sela kegiatan vaksinasi yang dipusatkan di Puskesmas Curup, Rabu, mengatakan kendati saat ini pemerintah melonggarkan aktivitas masyarakat, BIN Daerah tetap menggencarkan kegiatan vaksinasi di tengah masyarakat, sehingga bisa menciptakan kekebalan komunal.

"Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini kita laksanakan selama sepekan bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Rejang Lebong. Vaksinasi dilaksanakan di Puskesmas Curup," kata dia.



Dia menjelaskan gerai vaksinasi yang dibuka tersebut melayani penyuntikan primer, yakni vaksinasi dosis satu, dosis dua serta penguat (booster). Bagi warga yang mengikuti vaksinasi COVID-19 diberikan hadiah berupa 1 kg gula pasir.

Kegiatan vaksinasi oleh BIN Daerah Bengkulu sebagai mitigasi risiko, sehingga pelonggaran sosial tidak berakibat melonjaknya kasus COVID-19.

Menurut dia, vaksinasi COVID-19 tidak hanya berfungsi melindungi kesehatan, tetapi juga memastikan kegiatan sosial ekonomi berjalan dengan aman dan nyaman.

"BIN berkomitmen membangun ketahanan kesehatan untuk menciptakan populasi sehat yang mampu secara kolektif mencegah dan menghadapi krisis," ujarnya.



Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong Titin Verayensi menyebutkan dengan adanya bantuan BIN Bengkulu, pihaknya bisa terus mendistribusikan vaksin kepada warga yang belum menerima vaksin.

"Dengan adanya kerja sama ini menunjukkan sinergi yang saling menguatkan bagi semua jajaran dalam membantu percepatan vaksinasi. Personel BIN turun langsung dengan mengajak dan meyakinkan masyarakat untuk mau divaksin," ujar Titin.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022