Mukomuko (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memastikan bahwa satu orang warga di daerah itu positif menderita penyakit demam berdarah dengue.  

"Kami sudah simpulkan jika orang itu positif menderita penyakit demam berdarah dengue (DBD)," kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Madri, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, sebelumnya sempat terjadi perbedaan pandangan antara petugas laboratorium yang mengecek darah pasien dengan dokter yang menanganinya.

Petugas berdasarkan hasil laboratorium, kata dia, menyimpulkan bahwa pasien itu negatif terserang penyakit DBD. Sebaliknya dokter yang menanganinya yakin pasien itu positif DBD.

"Tidak ada yang salah dalam pemeriksaan keduanya. Karena petugas RSUD berpedoman dengan hasil laboratorium. Sebaliknya dokter yang dari awal menangani kasus ini," ujarnya.

Ia menyatakan, instansi itu memutuskan untuk menggunakan hasil pemeriksaan dokter yang sejak awal menangani pasien itu berdasarkan gejala klinis yang ada pada pasien.

Sehingga, kata dia, lokasi tempat tinggal pasien di Desa Bunga Tanjung dilakukan pengasapan  pada radius 200 meter dari rumah tempat tinggal pasien DBD.

Ia menjelaskan, meskipun warga setempat yang menderita DBD, namun hasil investigasi perjalanannya sebelum menderita DBD, penyakit itu impor dari Kota Bengkulu.

"Orang ini pernah menginap beberapa hari di salah satu hotel di Kota Bengkulu. Setelah pulang dari sana baru menderita penyakit itu," ujarnya.

Ia menerangkan, jumlah penderita DBD pada periode bulan Januari - April 2014 itu sedikit dibandingkan periode yang sama tahun 2013 sebanyak tujuh kasus.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014