Mukomuko,  (Antara) - Bupati Mukomuko, Bengkulu, Ichwan Yunus, melepas lebih awal sebanyak 40 orang kontingen wakil kabupaten itu ke acara pekan nasional kontak tani nelayan andalan ke-14 yang akan digelar tanggal 7-15 Juni 2014, di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"Saya kemungkinan tidak dapat hadir saat keberangkatan kontingen pekan nasional (Penas) dari daerah ini, tanggal 5 atau 6 Juni 2014, namun saat ini juga kami melepaskan wakil Mukomuko ke acara Penas," kata Bupati Mukomuko, Ichwan Yunus, di Mukomuko, Kamis.

Sebanyak 40 kontingen wakil Kabupaten Mukomuko tersebut akan bergabung dengan sembilan kontak tani nelayan andalan (KTNA) yang tersebar di Provinsi Bengkulu.

Ia berharap, kontingen berangkat dengan persiapan yang cukup. Karena di sana kontingen akan menimpa lebih banyak ilmu yang dapat memberikan nilai tambah bagi kemajuan pertanian dan perikanan di daerah itu.

Untuk itu, saran dia, pada kesempatan magang di sana, kontingen harus dapat memanfaatkan peluang itu sebaik-baiknya untuk belajar tentang pertanian dan perikanan.

Selain itu, ia berharap, kontingen dapat menjaga nama baik daerah itu di tingkat nasional. Sekaligus dapat memperkenalkan produk unggulan daerah (PUD) setempat.

Kepala Badan Penyuluhan Pertanian dan Ketanahan Pangan (BP2KP) Kabupaten Mukomuko Sukiman mengatakan kontingen dari daerah itu akan menampilkan satu PUD, yakni makanan ringan merk tortila.

Menurut dia, cuma satu PUD itu saja yang bisa ditampilkan oleh wakil daerah itu sebagaimana menjadi permintaan dari KTNA provinsi setempat.

"Cuma tortila yang kita tampilkan saat Penas karena provinsi memintanya hanya satu PUD setiap kabupaten, menyusul lokasi pameran Bengkulu terbatas," ujarnya lagi.

Kendati demikian, kata dia, wakil daerah itu akan membawa cendramata berupa 20 batang bibit durian, 20 batang bibit manggis, dan 20 batang bibit mangga.

"Bibit tanaman buah-buahan itu akan kita tanam disana sebagai kenang-kenangan dari daerah ini," ujarnya lagi.***1***



Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014