Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan ratusan kelompok tani di daerah itu menerima bantuan Pupuk Organik Cair (POC) dari Kementerian Pertanian sebanyak 27.616 liter.

Kepala Distankan Rejang Lebong Zulkarnain didampingi Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Achmad Safriansyah di Rejang Lebong, Senin sore, mengatakan selain menerima bantuan POC sebanyak 27.616 liter, kalangan petani di Rejang Lebong juga menerima bantuan benih jagung hybrida sebanyak 15 ton.

"Pupuk organik cair atau POC yang kita terima sebanyak 27.616 liter dengan takaran setiap liternya untuk lahan seluas empat hektare. Selain itu kita juga menerima bantuan benih jagung hybrida sebanyak 15 ton untuk 1.000 hektare lahan," kata Zulkarnain.

Dia menjelaskan, bantuan POC tersebut akan diberikan kepada 324 kelompok tani yang tersebar di 13 dari 15 kecamatan di Rejang Lebong, dua kecamatan yang tidak mendapat bantuan POC ini adalah Kecamatan Sindang Dataran dan Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

"Kecamatan Sindang Dataran tidak mendapat POC karena POC ini untuk padi dan disana tidak ada padi dan Sindang Beliti Ulu karena usulannya sedikit sehingga saat ada pengurangan terpaksa kita hilangkan," terangnya.

Kemudian untuk bantuan benih jagung hybrida, kata dia, diberikan kepada 87 kelompok tani tersebar dalam 34 desa dan kelurahan di 11 kecamatan.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi saat menyerahkan bantuan secara simbolis beberapa kelompok tani penerima bantuan berharap, bantuan benih jagung dan POC itu nantinya bisa digunakan dengan baik sehingga bisa memberikan hasil sesuai harapan.

Bantuan yang diberikan pemerintah itu sendiri kata dia, bertujuan untuk menekan inflasi dan menyejahterakan masyarakat serta mengejar swasembada pangan nasional pada 2023 mendatang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022