Mukomuko (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menyatakan surat suara untuk Pemilihan Umum Presiden tahun 2014 telah dikirim ke daerah itu, Sabtu.

"Surat suara telah dikirim ke daerah ini. sekarang mobil membawa surat berjalan dari Kecamatan Ipuh menuju Kota Mukomuko, dengan jarak tempuh 100 kilometer," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Khairanzar, di Mukomuko.

Ia mengatakan, kalau tidak ada halangan dalam perjalanan melewati jalur darat tersebut, pada Sabtu sore ini surat suara untuk Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) di daerah itu diterima oleh KPU setempat.

Menurut dia, sebelum logistik untuk Pilpres itu sampai ke daerah itu dengan selamat, lembaga itu tidak bisa menebak jumlah kendaraan yang membawanya termasuk jumlah surat suara.

"Setelah sampai nanti baru kita periksa bersama jumlah surat suara yang dikirim oleh KPU pusat itu sudah sesuai dengan kebutuhan di daerah ini atau tidak termasuk jumlah surat suara yang rusak," ujarnya lagi.

Ia mengatakan, tidak hanya penyelenggara Pemilu saja,  Kepolisian Resor dan Panwaslu setempat terlibat dalam memeriksa surat suara untuk Pilpres tersebut.

Untuk itu, kata dia, sebaiknya untuk mengetahui surat suara itu cukup atau tidak diterima oleh KPU setempat setelah dilakukan penghitungan.

"Kalau belum itu masih sedikit rahasia. Sebaiknya setelah semua surat suara ini kita periksan satu per satu," ujarnya.

Kendati demikian, ia memperkirakan, jumlah semua surat suara itu sebanyak jumlah daftar pemilih tetap (DPT) daerah itu, sebanyak 119.746 orang ditambah dua persen dari jumlah DPT tersebut.

"Angka DPT kita masih tetap sama sebanyak 119.746 orang. Dan jumlah surat suara juga sebanyak itu plus dua persennya," ujarnya lagi.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014