Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu meminta dermawan yang ingin membagikan zakat fitrah, zakat mal, infak maupun sedekah, hendaknya melalui Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas di daerah itu.

"Mari kita memanusiakan manusia, jangan hanya karena pembagian zakat mereka jadi saling dorong dan saling injak, bahkan merenggut nyawa," kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Bengkulu, Rabu.

Dia mengatakan seperti yang digelar Pemerintah Kota Bengkulu siang ini, setelah shalat dzuhur berjemaah bantuan, zakat, infak dan sedekah dibagikan kepada warga penerima.

"Kita mengajak mereka shalat, mereka duduk rapi sesuai saf, nanti pemberi zakat yang berkeliling memutari saf, tidak ada yang terinjak, tidak ada yang kehabisan napas karena berdesak-desakan," kata dia.

Dia mengatakan selain mendapatkan bantuan yang disebut dengan Bantuan Langsung Allah SWT (BLA), masyarakat juga mendapatkan tausiah, serta shalat dzuhur berjemaah.

"Setelah shalat, Wali Kota, Gubernur, Danlanal, Danrem, Dandim, Kapolres, pejabat penting serta dermawan yang langsung berkeliling membagikan BLA, masyarakat tetap duduk di saf mereka, jadi di sana terasa kebersamaan, masyarakat yang selama ini hanya melihat Danlanal dari jauh, sekarang bisa mendapatkan bantuan yang dibagikan langsung serta bisa bersalaman," kata dia.

Menurut dia, pembagian bantuan serta shalat berjemaah, juga menjadi sarana pejabat publik, pemerintah daerah serta masyarakat saling bersilaturahmi.

"Mungkin selama ini ada jarak antara yang kaya dengan yang kurang beruntung secara ekonomi, pejabat dan rakyat, dan kami berupaya menutup jurang pemisah ini, nanti setiap saf shalat akan diisi oleh berbagai macam kalangan, pejabat tidak di saf pertama, namun berbeda saf, membaur dengan masyarakat, sehingga masyarakat merasa dekat," katanya.

Helmi mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan sekitar Rp500 juta bantuan dari berbagai donatur, baik instansi pemerintah, swasta maupun perorangan.

"Jadi kami mengumpulkan seluruh kepala cabang BUMN, dan 'general manager' perusahaan swasta yang ada di Bengkulu, kami mengajak baik karyawan mupun CSR perusahaan di salurkan dalam bentuk bantuan dana bagi masyarakat, jadi kita sama merasakan Idul Fitri yang penuh berkah," kata dia.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014