Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Fatmawati Bengkulu menyebutkan hingga beberapa hari ke depan seluruh wilayah Provinsi Bengkulu turun hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang.

"Cuaca ekstrem hujan disertai dengan angin kencang yang terjadi di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu hingga beberapa hari ke depan," kata Perakirawan BMKG Stasiun Fatmawati Bengkulu Rahyu Mailansari di Kota Bengkulu, Jumat.
 
Ia menyebut intensitas hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan angin berkekuatan tiga hingga 30 knot atau sekitar 09-54 kilometer/jam.
 
Oleh sebab itu, ia meminta masyarakat yang tinggal di pesisir waspada karena kondisi angin cukup kencang.
 
Ia menjelaskan curah hujan tersebut disebabkan adanya pusat tekanan rendah di Samudera Hindia barat Bengkulu dan utara Sumatera yang menyebabkan belokan angin.
 
Selain itu, perlambatan kecepatan angin melewati wilayah Bengkulu serta ketersediaan uap air dari Samudera Hindia ke wilayah Sumatera bagian barat yang signifikan.
 
Selain itu, adanya kelembapan udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas dan adanya labilitas udara yang cukup kuat di atmosfer Bengkulu sehingga menyebabkan potensi pembentukan awan hujan.
 
Oleh karena itu, dirinya mengimbau masyarakat Provinsi Bengkulu untuk waspada bencana alam, seperti tanah longsor dan banjir yang dapat terjadi sewaktu-waktu.
 
Rahyu mengatakan meskipun beberapa hari ke depan tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu normal, yaitu 0,5 hingga tiga meter, nelayan harus tetap berhati-hati melaut.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022