Bupati Mukomuko, Bengkulu Sapuan membagikan baju seragam sekolah gratis kepada siswa baru tingkat SD dan SMP di daerah ini, Rabu.
 
"Hari ini kita mulai secara seremonial pembagian baju seragam sekolah gratis kepada siswa baru tingkat SD dan SMP," kata Bupati Mukomuko Sapuan di Mukomuko, Rabu.
 
Sapuan menyerahkan seragam sekolah gratis kepada siswa baru tingkat SD dan SMP di sela-sela peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke-77 tingkat provinsi yang diselenggarakan di daerah ini.
 
Ia mengatakan, karena volume-nya sangat besar sekitar 12 ribu lebih, oleh sebab itu harapannya semoga setelah acara ini selesai para dewan guru mendistribusikan secepat mungkin agar bisa dipakai anak dan siswa.
 
Ia mengatakan, pemerintah setempat memberikan baju seragam sekolah gratis ini guna memotivasi kepada siswa di SD dan SMP negeri yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.
 
"Kita mengajak ayo masuk sekolah negeri seperti yang kita lihat siswa baru di sekolah negeri turun dan dengan diberikan seragam sekolah gratis mereka senang dan bahagia," ujarnya.
 
Selain itu, ia berharap, dengan adanya baju seragam sekolah ini mereka lebih rajin belajar, walaupun diberikan fasilitas mereka selalu disiplin belajar.
 
Ia mengatakan, pemerintah setempat memprogram bantuan baju seragam sekolah gratis untuk siswa baru tingkat SD dan SMP di daerah ini setiap tahun.
 
Sementara itu, pemerintah setempat tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp2,7 miliar yang bersumber dari APBD untuk membeli sebanyak 5.870 paket seragam bagi 5.870 pelajar SD dan SMP.
 
Tahun ini bantuan seragam sekolah hanya untuk siswa baru tingkat SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, ia mengatakan, pihaknya tidak ada maksud menganaktirikan siswa madrasah.
 
Menurutnya, pihaknya terbentur aturan, yakni pemerintah daerah belum memiliki dasar hukum yang membolehkan untuk pembiayaan di sekolah madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.
 
Sementara itu, ia mengatakan, program seragam sekolah gratis untuk siswa baru tingkat SD dan SMP di daerah ini merupakan tindak lanjut dari visi dan misi bupati dan wakil bupati setempat. (Adv)
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022