Bengkulu, (Antara) - Anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu rencananya akan dilantik, Kamis 21 Agustus 2014.

"Ya besok akan dilantik, semuanya sudah dipersiapkan, dan gladi kita gelar hari ini," kata Sekretaris DPRD Kota Bengkulu, Bujang HR di Bengkulu, Rabu.

Menurut dia, pihaknya telah mendapatkan salinan keputusan Gubernur Bengkulu terkait pengesahan legislatif Kota Bengkulu yang akan dilantik tersebut.

"Salinannya sudah kami terima. Kami, saat ini tinggal mempersiapkan tempat pelantikan, karena ruangan dalam gedung DPRD kota terbatas, maka sebagian tamu undangan akan kita tempatkan pada lokasi yang telah disediakan di luar ruangan," kata dia.

Jumlah Anggota DPRD Kota Bengkulu periode 2014--2019 tersebut yakni sebanyak 35 orang, bertambah lima kursi jika dibandingkan dengan periode lalu.

"Untuk pengusulan calon pimpinan, partai pemenang sudah memasukkan rekomendasi nama sesuai dengan peraturan perundang-undangan," katanya.

Partai politik pemenang dengan perolehan kursi terbanyak di Kota Bengkulu yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Sebagai partai baru di kancah politik Indonesia, nasdem meraih lima dari 35 kursi, sehingga parpol tersebut berpeluang mengunci tampuk pimpinan legislatif setempat.

Namun tidak hanya Nasdem, Partai Gerindra juga berpeluang memastikan kursi pimpinan di DPRD Kota Bengkulu, oleh karena, Gerindra juga memperoleh jumlah kursi yang sama , yakni lima kursi, pada Pemilu Legislatif 2014.

"Nama yang direkomendasikan oleh Nasdem yakni Reni Heryanti, sementara dari Gerindra, Yudi Darmawansyah," ucapnya.

Sementara itu, Partai Amanat Nasional, meraih kursi Wakil Ketua II DPRD Kota Bengkulu, karena memperoleh empat dari 35 kursi.

"Kita menunggu surat dari DPRD ke DPD PAN terkait Waka II, jika surat telah disampaikan, maka kami akan mengajukan empat nama ke DPP PAN, dan nanti DPP PAN akan menunjuk salah satu dari nama tersebut sebagai Waka II DPRD kota, namun yang paling berpeluang yakni Wakil Ketua II DPW PAN Provinsi Bengkulu, atas nama Tengku Zulkarnain," ujarnya.

***1***

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014