Rejanglebong (Antara) - Realisasi penerimaan zakat Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, tahun 2014 hingga pertengahan Agustus mencapai Rp1,1 miliar dari target sebesar Rp2 miliar.

"Hingga saat ini target penerimaan zakat, ifaq dan sedekah dari kalangan masyarakat Kabupaten Rejanglebong sudah mencapai Rp1,1 miliar dari target sebesar Rp2 miliar, diperkirakan target ini dapat terpenuhi hingga akhir tahun nanti mengingat kesadaran masyarakat di sini cukup tinggi," kata ketua Baznas Kabupaten Rejanglebong HM Slamet A di Rejanglebong, Jumat.

Penerimaan Baznas daerah itu, kata dia, selain berasal dari zakat, infaq dan sedekah yang dihimpun dari kalangan masyarakat terutama dari kalangan PNS yang per bulannya ditarik dengan besaran antara Rp5.000 hingga Rp50.000 serta dana yang dihimpun dari warga yang memiliki profesi tertentu maupun kalangan masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi lebih.

Penerimaan Baznas daerah itu selanjutnya digunakan untuk pemberian santunan kepada kalangan tidak mampu, para jompo, kalangan anak yatim-piatu, panti asuhan dan juga disalurkan dalam bentuk bantuan modal usaha perekenomian kalangan masyarakat miskin agar bisa berkembang sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan guna memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari.

Untuk pemberian bantuan modal usaha ini kalangan penerimanya berasal dari 15 kecamatan di daerah itu dengan jenis usaha beragam. Para penerima bantuan ini sebelum mendapatkan bantuan terlebih dahulu di verifikasi oleh pihaknya, setelah dinilai layak maka langsung diberikan bantuan modal dengan sistem pengembalian diangsur dan tidak dikenakan bunga.

"Bagi penerima bantuan yang mengembalikan pinjamannya tepat waktu dan tidak pernah menunggak selama lima kali peminjaman, maka untuk peminjaman selanjutnya tidak harus mengembalikan lagi pinjamannya. Namun mereka diharus memberikan zakat, infaq atau sedekah dari usahanya itu ke Baznas," ujarnya.

Sementara itu pihak Baznas Rejanglebong pada tahun ini kata dia, menargetkan menghimpun zakat dari kalangan masyarakat setempat sebesar Rp2 miliar mengingat pada 2013 lalu zakat yang berhasil mereka himpun mencapai Rp1,4 miliar.***3*** 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014