Rejanglebong (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu menyiapkan anggaran untuk pembayaran tunggakan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) senilai Rp600 juta.

"Saat ini sedang dilakukan verifikasi pembayaran tunggakan Jamkesda di RSUD Curup tahun 2014 yang mencapai Rp600 juta, bila sudah selesai dananya akan segera dibayarkan ke RSUD Curup itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejanglebong, Ahmad Juli, di Rejanglebong, Selasa.

Pembayaran klaim tunggakan Jamkesda di daerah itu, kata dia, dilakukan secara selektif, mengingat anggaran yang akan dikeluarkan cukup besar.

Pihaknya harus melakukan verifikasi kebenaran data pengguna Jamkesda ini, agar tidak bermasalah di kemudian hari.

Anggaran Jamkesda itu, ujarnya, sepenuhnya dibiayai Pemkab Rejanglebong yang pada tahun ini jumlahnya lebih Rp5 miliar.

Para peserta Jamkesda ini merupakan warga miskin yang tidak termasuk dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan yang dibiayai oleh pemerintah pusat.

Mekanisme pembayaran Jamkesda Kabupaten Rejanglebong itu, kata dia lagi, dilakukan tiga bulan sekali.

Sebelum pembayaran klaim dilakukan, pihaknya terlebih dulu akan melakukan verifikasi data pengguna program sebagai pertanggungjawaban dalam penggunaan anggaran.

Dia berharap, pihak RSUD Curup terus memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang tidak mampu, sembari menunggu penyelesaian proses verifikasi klaim pembayaran tunggakan Jamkesda terhitung sejak Januari hingga Juli 2014 yang segera dilakukan Dinkes Rejanglebong.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014