Rejanglebong (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, saat ini tengah menyusun persiapan untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada tahun depan.

"Saat ini sekretariat KPU Kabupaten Rejanglebong sedang menyusun draf kegiatan untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rejanglebong tahun 2015 yang akan dilakukan serentak dengan pemilihan di tujuh daerah lainnya termasuk Pilkada Gubernur Bengkulu," kata Komisioner KPU Rejanglebong Restu S Wibowo di Rejanglebong, Minggu.

Persiapan yang tengah dilakukan KPU daerah tersebut kata dia, selain dalam bentuk penyusunan program kegiatan juga penyusunan draf kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada dalam R-APBD Kabupaten Rejanglebong 2015 mendatang.

Untuk memastikan penganggaran dan mekanisme pelaksanaan Pilkada serentak pada 2015 nanti di Provinsi Bengkulu tambah dia, masing-masing KPU dari delapan daerah yang akan melaksanakannya akan melakukan rapat koordinasi bersama pihak KPU Provinsi Bengkulu pada awal September nanti.

Sementara itu untuk pelaksanaan Pilkada bupati di daerah itu, pihaknya dalam waktu dekat akan mengevaluasi kinerja 15 panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Rejanglebong. Evaluasi ini untuk memastikan kesanggupan mereka dalam menjalankan tugasnya saat pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan dilaksanakan pada pertengahan 2015 mendatang.

Ke 15 PPK di daerah tersebut, kata dia, saat ini masa tugasnya pada pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April dan Pilpres 9 Juli 2014 lalu sudah berakhir pada akhir Juli 2014 lalu. Sehingga untuk pelaksanaan Pilkada Kabupaten Rejanglebong 2015 harus dilakukan seleksi ulang, dan akan memberikan prioritas kepada pengurus PPK yang pernah bertugas sebelumnya.

KPU Rejanglebong sendiri kata dia, sudah menjadwalkan seleksi untuk 15 PPK di daerah itu akan dilaksanakan pada Desember 2014, karena pelaksanaannya akan dilakukan secara secara bersamaan di dalam 15 kecamatan di Rejanglebong.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014