Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2014 membangun sebanyak 38 titik jalan usaha tani di daerah itu.

"Pembangunan jalan usaha tani (JUT) tersebut dikerjakan oleh kontraktor," kata Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Efin Maswandi di Mukomuko, Sabtu.      

Ia mengatakan, dari sebanyak 38 titik jalan itu, 24 titik jalan diantaranya dibangun dalam kawasan pertanian pangan dengan jumlah lima paket kegiatan.

Sisa sebanyak 14 titik jalan, lanjutnya, dibangun dalam kawasan perkebunan dengan jumlah tiga paket kegiatan. Sementara jenis dan spesifikasi jalan tersebut berupa peningkatan dan pembukaan jalan baru.

"Kegiatan ini penunjukan langsung (PL) dengan nilai anggaran setiap kegiatan itu berkisar Rp150 juta," ujarnya.

Ia menargetkan, pembangun seluruh jalan usaha pertanian pangan dan perkebunan di daerah itu selesai paling lama bulan November 2014.

Ia menerangkan, belum semuanya jalan dalam kawasan pertanian dan perkebunan di daerah itu yang dibangun. Jalan yang dibangun sekarang itu dipilih di kawasan yang luas lahan pangan dan perkebunannya.

"Kita prioritaskan pembangunan jalan di kawasan yang luas pertanian pangannya, begitu juga dengan perkebunan," ujarnya.

Untuk jalan jalan dalam kawasan pertanian pangan dan perkebunan yang belum dibangun tahun ini, katanya, diusulkan anggarannya pada tahun berikutnya.

"Tahun 2015 kami usulkan lagi anggaran pembangunan jalan itu agar dengan jalan itu memudahkan petani membawa dan menjual hasil pertaniannya," ujarnya lagi. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014