Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu,  memiliki 26 desa wisata yang dibentuk sejak 2019 hingga 2022.

"Saat ini di Kabupaten Rejang Lebong sudah terbentuk 26 desa wisata. Dalam waktu dekat ini kami akan turun ke lapangan untuk mengevaluasi perkembangan masing-masing," kata Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, M Budianto di Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan desa wisata yang sudah terbentuk di Kabupaten Rejang Lebong ini memanfaatkan potensi pariwisata yang ada di desa masing-masing berupa sungai, hutan, air terjun, pertanian, dan lainnya.

Sejauh ini Dinas Pariwisata setempat baru hanya bisa melakukan pembinaan kepada masing-masing desa wisata berupa peningkatan kapasitas kepariwisataan baik terkait dengan manajemen maupun ekonomi kreatif, sedangkan untuk bantuan anggaran belum ada.

Menurut dia, peningkatan kapasitas kepariwisataan khususnya SDM desa wisata ini penting dilakukan agar mereka bisa berkembang dan memiliki daya saing. Selain itu mereka juga harus memiliki pendapatan, usaha ekonomi kreatif, serta pengunjung.

Berdasarkan pemantauan  di lapangan sementara ini, dari 26 desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong yang sudah berjalan baru di Desa Sumber Urip dengan potensi wisata TWA Bukit Kaba, kemudian Desa Karang Jaya, Desa Belitar Seberang, Desa Purwodadi, Desa Cawang Lama, Desa IV Suku Menanti, dan Desa Kayu Manis.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023