Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menargetkan semua desa dan kelurahan telah membentuk kampung keluarga berkualitas hingga 2024.

"Tahun ini ada tujuh desa telah membentuk kampung keluarga berkualitas, dan pembentukan desa lain bertahap setiap tahun hingga tahun 2024," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Mukomuko Junharto di Mukomuko, Sabtu.

Saat ini 27 desa dan kelurahan yang tersebar di sejumlah kecamatan daerah tersebut telah membentuk kampung keluarga berkualitas.

Pemerintah daerah setempat menargetkan semua desa dan kelurahan telah membentuk kampung keluarga berkualitas hingga 2024 agar daerah ini nol kasus stunting tahun 2024.

Ia mengatakan salah satu tujuan pembentukan kampung keluarga berkualitas untuk mengatasi stunting melalui program kerja kampung keluarga berkualitas.

Ia mengatakan daerah ini membutuhkan anggaran untuk membentuk kampung keluarga berkualitas, baik bersumber dari Dana Desa maupun anggaran dinas ini.

Ia mengatakan ada delapan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah daerah setempat yang bekerja sama dan bersinergi dalam membangun kampung keluarga berkualitas.

Setiap OPD terkait di daerah ini memiliki program pembangunan baik fisik maupun nonfisik untuk membangun kampung keluarga berkualitas, seperti pembangunan sanitasi lingkungan.

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Mukomuko rutin memberikan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi, Dinas Kesehatan melalui 17 puskesmas tersebar di 15 kecamatan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kampung keluarga berkualitas, sedangkan pemerintah desa mengalokasikan Dana Desa untuk membeli makanan tambahan kepada anak-anak.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023