Mukomuko (Antara) - Kantor Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap lembaga swadaya masyarakat setempat dapat menjadi mitra pemerintah dalam membangun daerah itu.

"Lembaga swadaya masyarakat (LSM) itu mitra pemerintah setempat karena tujuannya sama untuk membangun negeri ini dan masyarakat," kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Mukomuko, Yanzuri Nawawi, di Mukomuko, Senin.

Ia menyambut, sangat positif LSM yang mau bermitra dengan pemerintah karena keberadaan LSM itu dibutuhkan dalam penyeimbang pemerintah.

Ia berharap, keberadaan LSM itu untuk memberikan masukan maupun kritik kepada pemerintah setempat namun kritiknya yang bersifat membangun.

"Kita ini keterbukaan dan transparan saja dalam pembangunan untuk daerah ini dan masyarakat setempat," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, instansi itu siap memfasilitasi tiga rekomendasi LSM yang mau melakukan pengawasan dan kerja sama dengan instansi lain yang sama tugas dan fungsinya.

Tiga rekomendasi yang disampaikan LSM saat rapat koordinasi dengan instansi itu, yakni diikutsertalam dalam musyawarah rencana pembangunan janga panjang.

Menurutnya, selama ini dalam musyawarah itu terbuka bagi siapa saja. Jadi LSM bisa ikut dalam musyawarah tersebut.  

Kemudian, kegiatan koordinasi antara instansi itu dengan LSM rutin berlanjut, dan diikutsertakan dalam pembangunan.

Dikatakannya, keikutsertaan dalam pembangunan yang dimaksud oleh LSM itu yakni LSM yang khusus menangani bidang tertentu diikutsertaan oleh SKPD yang sama dengan bidangnya.

Menurutnya, sebenarnya tanpa melalui instansi itu, LSM bisa langsung berkoordinasi dengan SKPD yang sama arah tugas dan fungsinya.

Kendati demikian, pihaknya siap memfasilitasi LSM itu dalam menjalin kerja sama dengan SKPD yang satu bidang.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014