Jakarta (Antara) - Setelah melalui perdebatan panjang akhirnya rapat paripurna DPR RI menyetujui pemilukada melalui DPRD yang diputuskan melalui voting Jumat dini hari.

"Hasil voting menyatakan yang menyetujui pilkada langsung sebanyak 135 orang dan yang setuju melalui DPRD sebanyak 226 orang dan jumlah total 361 orang," kata pimpinan rapat paripurna Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso di Senayan, Jakarta.

Dalam voting memang terdapat beberapa anggota fraksi yang membelot atau bertentangan dengan keputusan yang telah diambil partainya.

Hasil voting dari Fraksi Partai Golkar yang setuju pilkada langsung ada  11 orang. Sementara yang setuju melalui DPRD sebanyak 73 orang.

Sementara seluruh  anggota Fraksi PDI-P sebanyak 88 orang setuju pilkada langsung.

Sedangkan dari Fraksi PKS sebanyak 55 orang setuju pilkada melalui DPRD. Begitu juga Fraksi PAN terdapat 44 orang yang setuju melalui DPRD.

Fraksi PPP yang terdiri atas 32 orang setuju pilkada melalui DPRD.  Sementara fraksi  PKB 20 orang setuju pilkada langsung. Fraksi  Gerindra solit dengan seluruh anggotanya sebanyak 22 orang memilih pilkada melalui DPRD.

Sedangkan fraksi Partai  Hanura seluruhnya 10 orang mendukung pilkada langsung.

Dan terakhir dari fraksi PD terdapat enam orang setuju pilkada langsung. ***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014