Taipei (Antara) - Para pelajar Indonesia di Taiwan memperingati Hari Batik Nasional dengan mengenakan busana khas Nusantara itu di kampus, Kamis.

Di kampus National Taiwan Normal University (NTNU) Taipei beberapa pelajar yang biasanya mengenakan pakaian kasual berubah penamiplannya dengan memakai batik.

"Kemarin kami sudah mengingatkan teman-teman agar memakai batik Hari ini penampilan kami memang beda," kata Ferry Sentosa, pelajar Indonesia di NTNU.

Penampilan mahasiswa Indonesia yang lain dari biasanya itu mendapatkan perhatian dari para tenaga pengajar NTNU yang mayoritas berasal dari Taiwan dan peserta didik dari berbagai negara.

"Tumben hari ini kalian beda?" tanya Sung, staf pengajar bahasa Mandarin NTNU, kepada Ryan, pelajar asal Indonesia yang saat itu mengenakan atasan batik dan celana gelap senada dengan warna sepatunya.

Di lembaga pendidikan yang berbasis pada bidang pengajaran, seni, budaya, dan olahraga terbesar di Taipei itu saat ini terdapat sekitar 60 pelajar dari Indonesia.

Pemandangan yang sama juga terlihat di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) Taipei. Hampir semua mahasiswa asal Indonesia mengenakan batik.

"Sebagai warga negara Indonesia, kami bangga akan kekayaan budaya. Ini bagian dari cara kami menunjukkan jati diri bangsa di luar negeri," kata Ni'matut Tamimah, mahasiswi NTUST.

Di kampus yang berlokasi di kawasan sibuk Gongguan, Taipei, itu mahasiswa asing didominasi dari Indonesia sehingga batik pun memberikan warna tersendiri selama satu hari.

"Mengenakan batik di Indonesia, itu sudah biasa. Namun memakai batik di negeri orang, itu baru luar biasa. Setidaknya kami ikut berpartisipasi mengenalkan batik kepada dunia internasional," kata lulusan Universitas Airlangga yang mengambil program master di Departemen Graduate Institute of Applied Science NTUST itu.

Kebanggaan para pelajar Indonesia di seantero Taiwan yang mengenakan batik juga ditunjukkan melalui foto-foto yang mereka unggah di grup Facebook PPI Taiwan.

Bahkan sejak Rabu (1/10), foto-foto dan sosialisasi mengenakan batik sudah ramai di jejaring sosial para pelaja Indonesia di Taiwan.

Di Taiwan, para pelajar, termasuk dari Indonesia terbiasa mengenakan pakaian kasual. Bahkan di NTNU yang mahasiswanya mayoritas dari luar Taiwan mengenakan pakaian santai, seperti baju tanpa lengan, celana pendek, dan sandal, dalam beraktivitas sehari-hari di kampus. ***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014