Mukomuko (Antara) - Sebanyak lima kelompok tani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Selasa, memperoleh bantuan sebanyak lima unit mesin pompa air dari Kementerian Pertanian RI.

Lima kelompok tani itu dari Kecamatan V Koto, Kecamatan XIV Koto, dan Kecamatan Kota Mukomuko.

"Mesin pompa air ini dari Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP)," kata Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Elxandi, di Mukomuko, Selasa.

Etang begitu sapaan akrabnya mengatakan bantuan sebanyak lima mesin pompa air ini bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian di daerah itu.

Menurutnya, sasaran bantuan  mesin pompa air ini untuk kelompok tani yang punya lahan pertanian dan perkebunan yang berada jauh dari sumber air bersih.

Sehingga, katanya, dengan menggunakan mesin pompa air ini kelompok tani dapat menyedot air dari sungai di wilayahnya.

"Kalau untuk lahan pertanian pangan yang selama ini tidak diairi irigasi teknis," ujarnya.

Ia menyebutkan, kekuatan motor penggerak mesin ini sebesar 8,5 House Power. Sedangkan Kapasitas pompa 1,007 meter kubik per menit.

Dua kelompok tani penerima bantuan dari Desa Talang Petai dan Talang Sepakat berharap tidak hanya bantuan mesin pompa air tetapi juga bibit karet dan sawit.

"Mesin pompa air sudah ada. Tinggal lagi bibit. Agar dengan mesin ini bibit petani dapat dengan mudah disiram," kata Ketua Kelompok Tunas Harapan Desa Talang Petai Abdul Kansas.          

Ia mengatakan, kelompoknya akan mengusulkan kembali bantuan bibit karet untuk anggota kelompok taninya.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014