Bengkulu, (Antara) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provisi Bengkulu akan merekrut tenaga pengawas pemilu tingkat kabupaten dan kota pada Desember 2014.

"Seharusnya dari sekarang sudah mulai kita rekrut, namun karena belum ada kejelasan tahapan, jadi terpaksa mundur pada Desember," kata Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap di Bengkulu, Rabu.

Menurut Parsadaan, jika menunggu keputusan sistem pemilihan kepala daerah (pilkada), seharusnya pihaknya baru bisa merekrut tenaga pengawas pemilu pada Februari.

"Tetapi kemungkinan tahapan pilkada akan digelar pada Januari atau Februari, setelah ada keputusan terkait Perppu, sedangkan tenaga pengawas sudah harus kita rekrut dua bulan sebelum penyelenggaraan, artinya mau tidak mau kami harus merekrut pada Desember," kata dia.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu, katanya, juga meminta KPU setempat segera menentukan jadwal tahapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bengkulu 2015.

"Kita minta KPU segera, setidaknya menentukan jadwal penyelenggaraan saja, sehingga kami dan instansi terkait lainnya juga bisa mempersiapkan kebutuhan penyelenggaraan Pilkada," katanya.

Dia mengatakan, tanpa kepastian dari KPU terkait jadwal Pilkada, pihaknya tidak bisa mempersiapkan kebutuhan Pilkada baik dari sisi anggaran, maupun sumber daya manusia, dan akab berpengaruh terhadap kualitas pemilu.


***1***

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014