Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan survei kecamatan yang akan dijadikan percontohan kota layak anak di daerah itu.

"Penerapan daerah ini sebagai kota layak anak dimulai tahun 2015," kata Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKKB dan PP) Kabupaten Mukomuko, Nur Alam, di Mukomuko, Sabtu.

Ia menargetkan, tahun 2015 sudah terealisasi kegiatan instansi itu untuk menjadikan salah satu kecamatan sebagai wilayah pencontohan kota layak anak.

Nur Alam mengatakan, saat ini beberapa dari 15 kecamatan di daerah itu sedang disurvei oleh tim instansinya.

Yang disurvei itu adalah, lanjutnya, kesiapan sarana dan prasarana di kecamatan. Sekaligus kondisi lingkungan dan kebersihan di wilayah tersebut.

"Tim ini lah yang akan menilai dan menetapkan salah satu kecamatan yang pantas menjadi kota layak anak," ujarnya.

Selain survei, lanjutnya, pihaknya juga melakukan sosialisasi sebelum salah satu kecamatan di daerah itu ditetapkan sebagai pencontohan kota layak anak.

"Sosialisasi dahulu sebelum daerah itu dijadikan sebagai kota layak anak," ujarnya.

Menurut Nur Alam, meskipun nanti baru satu kecamatan di daerah itu yang dijadikan percontohan kota layak anak, diharapkan kecamatan lain mempersiapkan sarana dan prasarana yang sesuai persyaratan.

Sarana dan prasarana itu, lanjutnya, seperti sebuah tempat khusus bermain bagi anak-anak, termasuk memperbanyak tempat penitipan anak. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014