Bengkulu (Antara) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, mengungkapkan waktu tercepat untuk memulai tahapan Pemilihan kepala daerah di provinsi itu yakni pada Maret 2015.

"Kalau dimulai Februari atau Januari, tidak cukup waktu untuk mempersiapkan infrastruktur dan kebutuhan Pilkada, seperti perekrutan panitia pemilihan untuk tingkat kecamatan, kelurahan dan KPPS, belum bimbingan teknis, dan regulasi yang akan ditentukan di daerah," kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra di Bengkulu, Rabu.

Menurut dirinya, persiapan sebelum tahapan Pilkada dimulai, membutuhkan waktu selama tiga bulan, dan persiapan tersebut menurut dia baru akan digelar pada Januari 2015.

"Kami menunggu petunjuk pelaksanaan dan teknis Pilkada, juga menunggu Peraturan KPU tentang pemilihan dan tahapan, dan sampai sekarang belum ada informasi dari KPU RI, kami juga menunggu informasi tersebut, oleh karena itu, kemungkinan persiapan baru bisa kita gelar pada Januari," kata dia.

Menimbang kebutuhan waktu untuk persiapan dan tahapan Pilkada, Irwan mengatakan, Bengkulu baru bisa menggelar hari pemilihan pada September 2015.

"Persiapan butuh waktu tiga bulan, tahapan Pilkada membutuhkan waktu selama enam bulan, jadi sebelum hari pemilihan, kita membutuhkan waktu selama sembilan bulan untuk menggelar tahapan dan persiapan, dan ini kita sampaikan ke KPU RI, bahwa hari pemilihan Pilkada tercepat yang bisa diselenggarakan di Bengkulu yakni bulan September," katanya.

Jika diselenggarakan sebelum bulan september, kata Ketua KPU tersebut, bisa melanggar prosedur pemilu dan membuat pihaknya tidak dapat bekerja secara maksimal.

Sebelumnya, Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Zainan Sagiman, mengungkapkan pada 2015, provinsi itu akan menggelar tujuh pemilihan kepala daerah.

Menurut dia pilkada di tujuh kabupaten tersebut yakni, pilkada Kabupaten Seluma, Rejang Lebong, Lebong, Mukomuko, Kepahiang, Kaur, dan Bengkulu Selatan.

"Untuk Kabupaten Seluma habis masa jabatan pada Juli, di kabupaten itu pilkada lebih dahulu akan digelar, dan pada 2015, tepatnya pada November, juga akan digelar pemilihan Gubernur Bengkulu," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014