KPU Provinsi Bengkulu menyebutkan bahwa untuk sementara jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) pada Pemilu 2024 yang didata Petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) melalui pencocokan dan penelitian (coklit) sebanyak 145 ribu lebih pemilih.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu Siti Baroroh di Kota Bengkulu, Kamis, mengatakan bahwa jumlah tersebut berdasarkan pencoklitan yang dilakukan oleh pantarlih sejak 12 Februari hingga saat ini.
 
"Proses coklit saat ini mencapai 92,44 persen dan ditarget akan sampai 100 persen pada akhir pendataan nanti dengan jumlah pemilih sebanyak 1,5 juta," ujarnya.
 
Untuk kendala yang dilakukan oleh pantarlih dalam melakukan pencoklitan di daerah yaitu tidak adanya jaringan internet dan banyak yang pindah domisili tanpa disertai kepindahan alamat di Kartu Tanda Penduduk (KTP).
 
Terang dia, setelah proses pencoklitan tuntas, tahap selanjutnya yaitu penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih tetap (DPT).
 
Kemudian, setelah terbit DPT diikuti penyusunan DPTP sesuai PKPU yang mengatur tentang penyusunan daftar pemilih dalam penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024.
 
"Masing-masing daerah ada kesulitan-kesulitan tersendiri saat pencoklitan, tapi itu sudah bisa kami lalui dengan pengisian formulir untuk menjajaki kondisi lapangan dengan kode-kode tertentu sesuai aturan," kata dia.
 
Sementara itu, KPU Kota Bengkulu menerangkan bahwa potensi pemilih pemula atau warga yang baru mempunyai hak pilih pada penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang mencapai sekitar 21 ribu lebih pemilih.
 
Berdasarkan data beda wilayah yang alamatnya baru masuk ke kota Bengkulu pada Agustus dan berdasarkan data Kemendagri ada sebanyak 7.946 pemilih baru.
 
Selain itu, berdasarkan data tunggal atau data tercecer dari Siak Kemendagri yang sudah dilakukan penyandingan dengan daftar pemilih berkelanjutan dari April 2021 hingga Agustus 2022 ada sekitar 13.258 pemilih.
 
Dengan kedua data tersebut, terang Komisioner KPU Kota Bengkulu Romi Sugara, potensi pemilih baru yang akan di masukkan dalam daftar pemilih berkelanjutan pada September yaitu sekitar 21.2004 pemilih
 
Data tersebut telah diterima dari KPU RI dan sudah dilakukan pencermatan yang akan dimasukkan ke dalam daftar pemilih berkelanjutan (DPB) di akhir September 2023.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023