Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berencana menggelar pasar murah di lima lokasi untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat saat Ramadhan 1444 Hijriah
 
Lima lokasi pasar murah itu yakni Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Penarik, Kecamatan Pondok Suguh, dan Kecamatan Ipuh.
 
“Rencananya pelaksanaan pasar murah pada pertengahan bulan Ramadhan tahun ini," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nurdiana dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.
 
Ia mengatakan, instansinya akan menjalin kerja sama dengan distributor dan Bank Indonesia untuk menggelar pasar murah di lima lokasi di daerah ini.
 
Selain itu, ia mengatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan Satuan Tugas Pangan Kabupaten Mukomuko dalam menyediakan sembako yang dibutuhkan oleh masyarakat.
 
Ia menyebutkan, berbagai jenis sembako di pasar murah seperti telur ayam, tepung, minyak goreng, dan susu.
 
Selain itu, katanya, kemungkinan satgas pangan daerah ini juga menyediakan beras di lima lokasi pasar murah di daerah ini.
 
Sementara itu, ia mengatakan, harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat menjelang bulan Ramadhan tahun ini masih stabil karena stok mencukupi tetapi daya beli masyarakat kurang.
 
Ia menyebutkan, misalnya harga cabai merah tidak naik, bahkan harganya turun dibandingkan sebelumnya sebesar Rp50 ribu lalu turun lagi Rp40 ribu, kini menjadi Rp35 ribu, kemungkinan pasokan cabai dari Kerinci Provinsi Jambi Melimpah.
 
Selain itu harga beras juga turun, kemungkinan petani baru selesai panen di wilayah satuan pemukiman (SP) delapan dan SP 10 sehingga banyak produksi beras di daerah ini.
 
Ia menyebutkan, saat ini harga beras turun menjadi sebesar Rp10.000 per kilogram atau Rp160 ribu per kaleng beras. Kemudian harga bawang merah juga tidak naik, masih sebesar Rp30 ribu per kilogram.
 
Ia mengatakan, yang naik harga telur ayam dari sebesar Rp50 ribu per karpet menjadi Rp55 ribu per karpet karena telur berasal dari Sumatera Barat, daerah ini tidak ada peternak ayam petelur.
 
Kemudian harga ayam potong naik tetapi tidak signifikan, harga daging sapi masih masih sebesar Rp150 ribu per kilogram.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023