Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2015 akan membangun saluran irigasi untuk mengairi areal persawahan yang belum tergarap di daerah itu.

"Pemerintah setempat akan menambah panjang irigasi tersier di daerah ini pada 2015," kata Kabid Pertanian Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Hari Mustaman, di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, kegiatan pembangunan penambahan panjang irigasi tersier itu supaya dapat mengantarkan air irigasi tersebut ke sawah yang belum tergarap di daerah itu.

Ia menyebutkan, sebesar Rp190 juta anggaran yang disiapkan untuk kegiatan pembangunan penambahan saluran irigasi tersier di daerah itu dengan spesifikasi kegiatannya pasangan batu.

"Kalau panjangnya kami belum tahu karena perlu disurvei terlebih dahulu oleh tim teknis dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat," ujarnya.

Ia menyebutkan, seluas satu hektare lebih luas areal persawahan yang berada dalam kawasan irigasi Air Manjuto yang belum tergarap karena ketiadaan air.

Menurutnya, meskipun target luas sawahnya hanya satu hektare namun ke depan diharapkan dapat menambah luas lahan menjadi sawah yang berada di sekitarnya.  

"Luasnya cuma satu hektare lebih tetapi itu dapat menambah luas lahan dan produksi padi di daerah ini," ujarnya lagi.

Ia berharap, dengan penambahan panjang irigasi tersier di daerah itu dapat mengairi sawah yang belum tergarap tersebut.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014