Mukomuko (Antara) - Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, optimistis mampu mencapai target luas tanam padi sawah seluas 13.000 hektare pada 2015  

"Mukomuko dapat mencapai target tersebut karena saat ini saja luas tanam padi sawah yang ada 12.500 hektare," kata Kabid Pertanian pada Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Hari Mustaman di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan untuk meningkatan produksi beras dalam negeri pemerintah pusat melalui provinsi setempat menargetkan luas tanam tanaman padi sawah di Kabupaten Mukomuko seluas 13.000 hektare.

Menurutnya, luas tanam padi sawah di daerah itu ditargetkan seluas itu berdasarkan data luas tanam padi sawah yang ada saat ini seluas 12.500 hektare ditambah program optimasi lahan seluas 500 hektare.

Namun, katanya, dari luas tanam padi sawah seluas belasan ribu hektare itu, tidak semua lahan melakukan penanaman secara serentak tetapi dua kali musim tanam.

"Tahun ini saja ada dua musim tanam dengan luas 6.000 hektare satu kali musim tanam. Sisanya pada musim tanam padi sawah kedua," ujarnya.

Sedangkan target produksi gabah kering giling (GKB) rata-rata di atas lima ton per hektare.

Terkait penyediaan benih padi untuk petani di daerah itu, katanya, diupayakan dari kelompok tani penangkar benih padi. Karena balai benih induk (BBI) padi pemerintah setempat terbatas untuk menyediakan benih padi untuk petani.

"Kami bekerja sama dengan kelompok tani penangkar dalam menyedian benih padi untuk petani," ujarnya lagi.***2*** 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014